Pages

Sabtu, 09 Maret 2013

Great Blue Hole, Belize

Great Blue Hole Belize, Tempat Pembuangan Kapal Selam   Great Blue Hole Belize, Tempat Pembuangan Kapal Selam - The Great Blue Hole adalah lubang pembuangan kapal selam besar di lepas pantai Belize. Itu terletak di dekat pusat Lighthouse Reef, sebuah atol kecil 70 km (43 mil) dari daratan dan Belize City. Lubang ini berbentuk lingkaran, lebih dari 300 m (984 ft) di seluruh dan 124 m (407 kaki) yang mendalam. Itu dibentuk selama beberapa episode glaciation kuartener ketika permukaan air laut jauh lebih rendah. Analisis stalaktit ditemukan di Great Blue Hole menunjukkan bahwa pembentukan terjadi 153.000, 66.000, 60.000, dan 15.000 tahun yang lalu. Sebagai laut mulai bangkit kembali, gua-gua yang tergenang. Great Blue Hole adalah bagian dari Barrier Reef besar Sistem Belize Reserve, sebuah Situs Warisan Dunia dari Organisasi PBB Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (UNESCO).





Great Blue Hole Belize, Tempat Pembuangan Kapal Selam
Great Blue Hole Belize, Tempat Pembuangan Kapal Selam

   Situs ini dibuat terkenal oleh Jacques-Yves Cousteau, yang menyatakan itu salah satu dari sepuluh situs scuba diving top di dunia. Pada tahun 1971, ia membawa kapalnya, Calypso, ke lubang untuk memetakan kedalaman nya. Investigasi oleh ekspedisi ini dikonfirmasi asal lubang sebagai khas kapur formasi karst, terbentuk sebelum kenaikan permukaan laut di sedikitnya empat tahap, meninggalkan tepian. pada kedalaman 21 m (69 kaki), 49 m (161 ft), dan 91 m (299 ft). Stalaktit yang diambil dari gua terendam, membenarkan pembentukan mereka sebelumnya di atas permukaan laut. Beberapa dari stalaktit juga off-vertikal dengan 5 ° dalam orientasi yang konsisten, sehingga menunjukkan bahwa ada juga beberapa pergeseran geologi masa lalu dan miring dari dataran tinggi yang mendasarinya, diikuti dengan periode panjang di pesawat saat ini.

    Kedalaman diukur awal Great Blue Hole adalah 125 m (410 ft) yang merupakan kedalaman paling sering dikutip sampai hari ini. Sebuah ekspedisi oleh Yayasan Cambria pada tahun 1997 diukur kedalaman lubang 124 m (407 ft) pada titik terdalam. Perbedaan dalam pengukuran dapat dijelaskan oleh sedimentasi yang sedang berlangsung atau ketidaktepatan dalam pengukuran. Tujuan dari ekspedisi ini adalah pengumpulan sampel inti dari lantai Blue Hole dan dokumentasi dari sistem gua. Untuk menyelesaikan tugas ini, semua penyelam harus disertifikasi dalam cave diving dan gas mixed.





0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes